Manfaat Dan Khasiat Terapi Gurah Bagi Kesehatan Anda

Share:

Gurah adalah sebuah nama metode pengobatan trasisional yang digunakanan untuk mengeluarkan lendir-lendir dalam tubuh. Sistem pengobatannya dengan cara menggunakan ramuan-ramuan tradisional atau herbal. Gurah pertama kali banyak dilakukan pada pondok-pondok pesantren pada zaman dulu, untuk jenis gurah yang dilakukan adalah gurah hidung, yaitu dilakukan dengan tujuan agar para santri ketika membaca al-qur’an suaranya bisa nyaring dan merdu.

Gurah merupakan cara pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Dulu praktek pengobatan ini dijalani pesinden atau dalang yang menginginkan suaranya nyaring. Namun, belakangan gurah juga ditujukan untuk mengobati asma dan menghilangkan dahak di tenggorokan. Di Yogyakarta para tabib gurah menggunakan tumbuhan sirgunggu yang ada di sekitar Giriloyo, dekat makam raja-raja Mataram. Mereka percaya, hanya sirgunggu dari sana saja yang berkhasiat. Padahal sebenarnya tanaman obat ini bisa tumbuh di mana saja, bahkan di seluruh Indonesia, sehingga dikenal dengan berbagai nama, antara lain kertase, pinggir tosek (Madura), simar baungkudu (Toba), tinjau handak (Lampung), segunggu (Sunda) dan sagunggu, sirgunggu (Jawa).
Gurah itu sendiri memiliki beberapa metode yaitu gurah melalui hidung, mulut hingga organ kewanitaan. Namun untuk metode yang sering digunakan adalah gurah melalui hidung dan mulut. Rasa panas dan sedikit perih biasanya akan dirasakan pada pasien yang beru pertama kali mencoba pengobatan gurah atau mengeluarkan lendir-lendir dalam tubuh. Tapi, gurah itu sendiri sebenarnya tidak sakit, adapun sakit itu hanya 5 menit setelah ramuan mulai bereaksi dengan ditandai mulut dan hidung mulai mengeluarkan lendir-lendir dalam tubuh.

Lendir tersebut disinyalir adalah kotoran yang mengandung kuman penyakit dan mengandung racun yang bisa disebakan oleh kopi, rokok, alkohol dan lain-lain. Adapun manfaat terapi gurah bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Berikut Manfaat Terapi Gurah Bagi Kesehatan

Kesehatan Hidung
Mencegah dan menyembuhkan sumbatan hidung dan pholip yang disebabkan oleh polusi udara  dan bau-bauan.
Membantu melarutkan lendir yang mengganggu pernapasan.
Membantu melarutkan lendir dan jamur yang menempel pada lapisan atau selaput paru-paru bagian dalam atau luar.

Kesehatan Tenggorokan
Manfaat terapi gurah bagi kesehatan salah satunya dapat mencegah dan mengobati penyakit amandel atau toksin.
Mengobati penyakit asma, sesak napas, hingga penyakit paru-paru.
Membantu menyembuhkan batuk kering, batuk basah dan brochitis.

Kesehatan lain-lainya
Dapat membuat pikiran jernih, cerdas dan pintar
Menyembuhkan penyakit asma, TBC dan migran
Membersihkan semua kotoran yang ada dalam kandung kemih ataupun kandung kencing dengan  begitu dapat terhindar dari penyakit pada saluran pencernaan.
Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dengan cara mengancurkan batu ginjal pada kantong     kemih atau seni.
Mencegah dan menetralisir tekanan darah sehingga kondisi darah menjadi normal.

Banyak alasan yang mengharuskanmu mencoba untuk melakukan metode terapi gurah untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain manfaat gurah seperti penjelasan di atas, juga karena biaya yang dikeluarkan cukup kecil. Tak hanya itu, ramuan yang digunakan dalam terapi gurah merupakan bahan alami tanpa ada bahan kimia sedikitpun.

Ketika gurah, bukan hanya sekedar memasukkan atau meneteskan ramuan alami ke hidung saja. Namun, ada ritual khusus yang dijalani oleh penggurah agar gurah itu berjalan lancar dan memperoleh khasiat gurah yang maksimal.

Setelah mengetahui tentang gurah dan beberapa manfaat dan khasiat gurah, masih tidak mau untuk mencobanya. Semua di tanganmu, metode pengobatan yang kamu gunakan harus sesuai dengan keyakinan pada dirimu. Sehingga, pengobatan itu berjalan dengan baik dan mendapatkan manfaat yang kamu inginkan.

No comments